Saturday, July 16, 2016

INOKULASI POHON GAHARU USIA 5 TAHUN UP


Salaam Gaharu,

Hallo untuk sahabat petani gaharu dimana pun berada, pada postingan ini kita akan membahas pentingnya pemberian perlakuan inokulasi pada pohon gaharu yang berusia tanam 6 tahun up. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan inokulasi, walaupun sebaiknya dilakukan sejak pohon gaharu berusia tanam 3 tahun (link terlampir.......INOKULASI BERTAHAP GAHARU USIA TANAM 3 TAHUN )

Bisa saja inokulasi pada pohon gaharu anda lakukan pada tahun berapa saja, mau usia 10 tahun, 15 tahun atau kapan pun, NAMUN INGAT 3 HAL INI !
  1. Semakin lama inokulasi tidak dilakukan pada batang pohon gaharu, maka akan akan semakin besar volume ukuran batang pohon, baik lingkar batang maupun tinggi pohon.
  2. Bila hal pertama terjadi, artinya semakin banyak dana untuk pembelian serum/inokulan yang harus anda persiapkan. Bayangkan bila untuk 1 pohon dengan diameter 15 cm dan tinggi pohon yang akan di inokulasi 7 meter, maka anda harus mempersiapkan dana kurang lebih Rp. 1 juta untuk biaya inokulasinya. Apa lagi bila pohonnya semakin bertambah besar, tentunya biayanya akan lebih tinggi lagi.
  3. Semakin lambat anda mengambil tindakan untuk tidak melakukan inokulasi pada batang pohon tersebut , maka akan semakin sedikit waktu proses pembentukan resin yang terjadi pada batang pohon gaharu anda, sehingga akan menjadikan mutu grade resin hasil panen juga semakin rendah. Dan akan bertampak pada rendahnya nilai jual/ekonomi pohon gaharu yang anda miliki.
SEMUA ITU KEMBALI KEPADA ANDA SEBAGAI PEMILIK/OWNER YANG AKAN MENGAMBIL KEPUTUSAN !

Kesalahan dalam mengambil keputusan akan berdampak kepada kekecewaan di kemudian hari. Sesal tidak pernah muncul di awal, selalu di belakang hari. Saya hanya sekedar mengingatkan saja.

Inokulasi untuk pohon berusia tanam 6 tahun dengan perkiraan diameter pangkal batang sekitar 15 cm, lingkar pangkal batang 45 cm, dan tinggi pohon keseluruhan hingga pucuk teratas sekitar 8 meter (sedangkan yang di berikan serum/inokulan kapsul hanya hingga ketinggian 5 - 6 meter saja). Seperti gambar utama di postingan ini.

Untuk Inokulan yang kita pergunakan adalah inokulan super 8i9 yang berukuran 6 cm x 1 cm, dimana jarak pemasangannya adalah : 
  • Per 30 cm secara mendatar/lingkar batang/horisontal.
  • Per 35 cm secara vertikal, jarak pasang kapsul pertam dan naik keatasnya setinggi 35cm.
  • Pemasangan kapsul dilakukan secara bolak balik keatasnya (Selang Seling).

Spesifikasi inokulan yang digunakan, harga dan ukuran kapsul :
  • Ukuran kapsul 6 cm x 1 cm.
  • Harga 1 paket Rp. 1,8 juta.
  • Masa kadaluarsa 6 bulan.
  • System pemasangan manual (Batang di belah)`
  • Masa proses kapsul di pohon sebaiknya min 3 tahun.
  • Ceking proses inokulan pada batang pohon sudah bisa dilakukan sejak 1 bulan pertama setelah pemasangan inokulasi, selanjutnya cek dilakukan pada bulan ke 3, 6, 12, dstnya setiap 6 bulan. Hingga saatnya anda melakukan penebangan pohon secara keseluruhan.
UNTUK INFORMASI & KONSULTASI LEBIH LANJUT SILAKAN HUBUNGI KAMI PADA ALAMAT/CONTACT YANG TERTERA DI KARTU NAMA "GLONE MUHAMMAD" BERIKUT INI :


Untuk Informasi Lebih Lanjut Tentang Inokulasi Dengan Menggunakan Kapsul Inokulan Super 8i9, silakan anda baca pada link pilihan dibawah ini !

  1. Inokulasi bertahap untuk pohon gaharu budidaya yang sudah memiliki usia tanam 3 tahun. (klik disini untuk informasi lebih lanjut !)
  2. Inokulasi untuk pohon dengan diameter pangkal batang 35 cm up. (klik disini untuk informasi lebih lanjut !)
  3. Inokulasi untuk pohon yang tunbuh di alam/hutan dengan ukuran pohon besar, diameter pangkal batang 1 m up. (klik disini untuk informasi lebih lanjut !)
  4. Custom Pemasangan inokulasi pada pohon gaharu, informasi lebih lanjut silakan di click disini !
  5. Pola tanam awal pohon gaharu budidaya, agar bisa menerapkan inokulasi custom (bisa panen per bagian per tahun, mulai tahun tanam ke 4 dan seterusnya. (klik disini untuk informasi lebih lanjut !)
  6. Cara order bisa anda lihat pada link order berikut ini, CLIK UNTUK ORDER KAPSUL INOKULAN "SUPER 8I9" !
  7. KUMPULAN VIDEO YANG BERKAITAN DENGAN INOKULASI KAPSUL INOKULAN "SUPER 8i9",  Click di sini !
  8. Untuk informasi lanjut, silakan hubungi kami dengan alamat di card name berikut ini :



No comments:

Post a Comment