Sunday, May 21, 2017

MANFAAT UTAMA, INOKULASI BERTAHAP PADA POHON GAHARU.

Keuntungan Inokulasi Bertahap
yang dilakukan pada pohon gaharu
untuk hasil panen yang maximal


Video Pelaksanaan Inokulasi Bertahap
Silakan di tonton dulu, agar jelas cara pemasangannya

Penjelasannya :
Saat ini (tahun 2017), kebanyakan para pelaku budidaya pohon gaharu di indonesia, masih melakukan inokulasi/inject pohon gaharunya setelah pohon berusia tanam 6 tahun ke atas dan melakukan proses panen/penebangan pohon gaharu di usia 8 tahun, artinya : proses inokulasi yang terjadi pada pohon gaharu hanya berlangsung selama 2 tahun untuk melakukan pembentukan resin gaharu nya. Dan rata-rata hasil panen yang di peroleh dengan rentang waktu 2 tahun belum bisa memenuhi standart grade mutu gaharu untuk kelas export.

Penggunaan Kapsul Inokulan Super 8i9 :
Dalam melakukan inokulasi pada pohon gaharu budidaya.
Teknologi pemasangan inokulasi dengan cara membelah batang pohon gaharu terbukti sangat efektif untuk menghasilkan resin gaharu pada bagian kayu yang memiliki kerapatan kayu dibandingkan dengan bagian lainnya.

Pemasangan inokulasi yang dilakukan secara bertahap pada batang pohon gaharu, sangat memungkinkan terjadinya proses yang membuat pohon gaharu untuk mengeluarkan antibodinya secara terus menerus dalam jangka waktu yang cukup panjang, 2 hingga 5 tahun ke depan. Sehingga akan didapatkan mutu resin gaharu dengan kwalitas yang jauh di atas rata-rata perlakuan inokulasi dengan cara lainnya.
3 Manfaat Utama Inokulasi Bertahap :
Manfaat ini sangat penting untuk di raih oleh para pelaku budidaya pohon gaharu di indonesia, agar di peroleh hasil panen yang memiliki grade mutu resin gaharu yang maximal dan bernilai jual tinggi,
  1. Manfaat pertama, bila kita lihat dari sisi pendanaan maka, pelaksanaan inokulasi bertahap pada pohon gaharu anda akan memudahkan anda dalam pengelolaan pembiayaan yang mana bisa dilakukan pembiayaan secara bertahap. TIDAK sekaligus, yang dapat mengganggu stabilitas keuangan pribadi anda. 
  2. Pelaksanaan inokulasi bertahap yang dilakukan setiap 6 bulan 1x di tambahkan 1 hole (lubang pembelahan pada batang pohon gaharu), akan meringakan pekerjaan pelaksanaan anda di lapangan, hal ini bisa anda kerja sendiri atau pun dengan menggunakan jasa dari pihak kami. 
  3. Dengan inokulasi bertahap yang sudah bisa anda lakukan pada pohon gaharu dengan lingkar pangkal batang 7 cm, atau usia tanam 3 tahun dan di panen pada usia tanam 10 tahun, ARTINYA, sudah terjadi proses pembentukan resin gaharu pada pohon tersebut selama 7 tahun. Ini merupakan sebuah waktu yang sudah cukup bagi sebatang pohon gaharu dalam memproduksi antibodi dan mengeluarkannya pada bagian kayu yang terinfeksi, sehingga akan terbentuknya resin gaharu yang berkwalitas baik, dimana pada akhirnya akan meningkatkan nilai jual gaharu petani ke nilai harga yang cukup tinggi.
Demikian informasi yang dapat saya bagikan, berdasarkan hasil lapangan yang kami lakukan di kelompok tani gubal gaharu indonesia dan ACI Community.
Untuk konsultasi pohon gaharu budidaya anda silakan contact :

Glone Muhammad
wa/call. +62 853 555 289 86
Karanganyar (Solo) - Jawa Tengah
Indonesia 57178


No comments:

Post a Comment