Thursday, March 2, 2017

INOKULASI BERTAHAP, HENDRIKUS - KLATEN , JAWA TENGAH

Salaam rekan gaharu,......
dimana pun berada ........

Pada bulan februari 2017, team inokulasi ktggi/ACI Community meluncur ke kota Klaten propinsi Jawa Tengah untuk melakukan inokulasi bertahap pada pohon gaharu milik bapak Hendrik. Beliau merupakan salah seorang petani sekaligus pemerhati budidaya pohon gaharu yang cukup aktif di Indonesia.

Lokasi penanaman yang beliau lakukan di sekeliling rumah, dimana di sana sudah tumbuh kurang lebih 35 pohon gaharu dengan usia tanam yang bervariasi, mulai dari 1 tahun sampai 10 tahun.

Disini team inokulasi ktggi/ACI Community melakukan inokulasi pada pohon gaharu yang berusia 3,5 tahun dengan lingkar pangkal batang 20 cm dan tinggi pohon 5 meter. Inokulasi dilakukan secara bertahap, dimana pemasangan kapsul inokulan "Super 8i9" dilakukan dengan jarak pasang 35 cm, dan dipasang hingga ketinggian 1 m dari tanah, sehingga dapat terpasang 3 buah kapsul inokulan super 8i9.
Saya (Glone Muhammad), sangat menganjurkan para pelaku budidaya pohon gaharu dimana pun berada untuk melakukan inokulasi bertahap pada pohon gaharu yang anda miliki, mengapa begitu ?......... ada beberapa hal yang dapat menguntungkan saudara Ku petani gaharu bila melakukannya sejak awal dan bertahap secara kontinue hingga usia tanam mencapai 10 tahun.
ALASANNYA ADALAH :
  1. Sangat memudahkan pekerjaan dan hemat waktu, serta biaya. Dibandingkan dengan inokulasi sekaligus yang anda lakukan pada usia tanam 8 atau 10 tahun.
  2. Dengan inokulasi bertahap yang dapat di mulai pada saat pohon gaharu anda berusia mulai 3 tahun, atau lingkar pangkal batang sudah ada sekitar 15 cm. 
  3. Pemasangan pertama dapat dilakukan pada jarak 1 meter pertama dari tanah dimana dapat dipasang 3 titik untuk pembentukan hole of resin, dengan jarak pasang ke (1) 20 cm dari tanah, pasang ke (2) 35 cm dari hole pertama dan pasang ke (3) 35 cm dari hole yang kedua. pembelahan hole dilakukan selang seling/berseberangan antara hole pertama dan seterusnya. 
  4. Selanjutnya untuk penambahan hole ke (4) dapat dilakukan naik 35cm lagi ke atas dari hole ke (3) dengan waktu pemasangan 8 bulan sejak terpasangnya hole ke (3).
  5. Artinya APA ?........, seandainya anda merencanakan untuk melakukan panen besar pada usia tanam 10 tahun, maka pohon gaharu anda yang berada pada ketinggian 1 meter dari tanah sudah melakukan proses pembentukan resin pada pohon tersebut selama 10 tahun - 3 tahun = 7 TAHUN !!!!. Adalah sebuah masa/waktu yang cukup bagi sebatang pohon gaharu untuk melakukan proses make resin, sehingga akan dihasilkan panen chip gaharu dengan ukuran memanjang dan tebal dengan kwalitas yang baik, yang secara otomatis akan mendongkrak nilai hasil panen petani.
ANDA INGIN MEMILIKI HASIL PANEN YANG BERMUTU & BERNILAI JUAL TINGGI ?...........
Lakukan Sekarang !!!
just DO it.
Konsultasikan keinginan anda kepada :
Glone Muhammad
wa/call. +62 853-555-289-86

Inokulan Super 8i9
MEMBERIKAN BUKTI & SOLUSI

No comments:

Post a Comment